Review Toyota Avanza Versi Sebelum Facelift

Di era modern dengan tingkat mobilisasi tinggi seperti saat ini, mobil merupakan sarana transportasi yang penting dan utama. Hal ini terbukti dengan semakin padatnya lalu lintas dengan berbagai jenis dan merek mobil yang beredar di Indonesia. Semua menawarkan kelebihan masing-masing.

Sejak kemunculan generasi pertamanya pada tahun 2003, Toyota Avanza selalu merajai segmen mobil keluarga. Dengan kapasitas penumpang besar, bahan bakar irit, dan ketangguhan mesin yang teruji, mobil yang satu ini selalu berkibar di puncak mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle). Ditambah lagi desain yang modern, spare part yang mudah didapat, serta harga jual kembali yang tinggi. Ingin tahu lebih detail tentang Toyota Avanza? Artikel ini akan mengupas tuntas keunggulan dan keistimewaan mobil yang satu ini untuk Anda.

Bagian Eksterior Toyota Avanza

Dikenal sebagai mobil keluarga yang tangguh, Toyota Avanza memiliki tampilan sporty yang gagah dan elegan. Gril depan yang tampak dinamis dan menawan merupakan ciri khas yang sulit untuk dilupakan dan dibandingkan dengan MPV sejenis.

Aksen chrome serta logo kebesaran Toyota yang eye-cathing tak lupa disematkan pada sisi atas gril sebagai pelengkap. Garis-garis pada gril yang lebih lebar dan lower bumper yang menyatu ke lampu kabut membuatnya tampak lebih kekar. Bentuk headlamp yang trapesium dan meruncing juga menyiratkan kesan maskulin dan agresif.

Mengamati di bagian samping, tidak terlihat banyak perubahan dibanding seri sebelumnya. Hanya warna spion samping yang menjadi sewarna dengan body mobil dan tampilan pelek berukuran 15 inci yang terlihat lebih compact sehingga membaut tampilannya lebih sporty.

Di bagian belakang, desain New Smoothing Panel dan lampu belakang masih berbentuk vertikal. Namun, dengan tambahan lens garnish baru yang tersambung ke pintu bagasi belakang, tampilannya jadi terlihat lebih anggun. Di bagian atas, terdapat high mounted yang dipercantik dengan tempelan rear lamp. Rear lamp dilangkapi stop lamp LED sehingga memberikan kesan sporty pada mobil ini, selain berfungsi juga untuk memudahkan kendaraan lain yang mendekat untuk melihat lampu ini.

 

Bagian Interior Toyota Avanza

Interior yang terkesan luas dan lapang menjadi ciri khas mobil keluarga ini. Toyota Avanza mempertahankan fitur ini demi mamaksimalkan kenyamanan penumpangnya. Kursinya empuk dan nyaman, dilapisi material kain yang halus dengan head rest yang dapat disesuaikan tingginya.

Memiliki 3 baris kursi berkapasitas 7 penumpang, jarak antara kursi juga tetap terjaga. Tak lupa, disematkan fitur reclining system untuk memudahkan mengatur posisi kursi sesuai kebutuhan. Fitur ini mempermudah penumpang saat membawa barang dalam volume besar. Kursi di bagian tengah memiliki fitur one touch tumble yang memudahkan untuk membuka jalan bagi yang akan duduk di kursi belakang.

Volume dasbor cukup luas untuk menyimpan dokumen, CD, atau barang keperluan penumpang lainnya. Dua aksen warna yang berbeda, gelap pada bagian atas dan terang pada bagian bawah, membuat tampilan dasbor Toyota Avanza menjadi shopisticated dan elegan. Ditambah lagi, desain speedometer tiga lingkaran yang sporty semakin membuatnya lebih berkelas. Tidak ada yang berbeda dengan desain setir, tetapi sudah dilengkapi Electric Power Steering yang berfungsi untuk memudahkan pengendara dalam mengendalikan kemudi.

Di bagian tengah dasbor, terdapat layar Multi Information Display (MID) yang menyematkan panel LCD berukuran 6 inci, selain juga ada kipas udara dan ventilasi. Untuk mengatur suhu udara dalam kabin mobil, AC kontrol hadir juga dalam desain modern.

Bagian bagasi mobil ini memiliki ukuran yang kurang lapang untuk menampung beberapa barang saat semua kursi penumpang di dalam mobil digunakan. Namun, jangan khawatir, bila kursi paling belakang dilipat, ruang bagasi akan menjadi luas.

Fitur Hiburan Toyota Avanza

Untuk memanjakan penumpangnya, Toyota Avanza tak lupa menyematkan fitur hiburan yang lengkap. Multi Information Display (MID) yang memiliki fitur seperti CD, DVD, AM/FM Radio, USB plug, AUX, Bluetooth, dan iPod Ready akan membuat keluarga selalu terhibur saat berkendara.

Dalam menunjang fitur hiburan untuk memanjakan penumpangnya, Toyota Avanza juga menggunakan stock audio yang mumpuni dengan empat pengeras suara tertanam di dalamnya. Speaker yang disematkan dapat memberikan volume maksimal, tetapi tetap aman di telinga pendengarnya.

Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur cabin quitness yang mampu meredam suara dari luar sehingga kabin menjadi senyap dan tenang. Pun sebaliknya, fitur ini juga mampu menekan gema yang diciptakan audio ke luar.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Toyota Avanza

Sebagai mobil keluarga, keselamatan dan keamanan penumpang tentu saja menjadi prioritas. Toyota Avanza memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang cukup baik dalam melindungi penumpangnya.

Fitur keselamatan yang paling utama adalah sabuk pengaman. Di kursi depan, tersedia sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limeter untuk mencegah cedera fatal saat terjadi benturan keras. Di bangku bagian tengah, disematkan 3-points seat belt yang berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan cedera apabila mobil mengalami benturan dari arah depan.

Untuk fitur keselamatan yang optimal, Toyota Avanza juga menyematkan ISOFIX  sebagai standar keamanan internasional yang berfungsi mengoptimasi pemasangan car seat untuk anak-anak. Teknologi ABS dan Dual SRS Airbag juga terpasang untuk mencegah benturan kepala pengemudi dan penumpang di kursi depan apabila terjadi kecelakaan.

Selain pernak-pernik keamanan di interior, tak lupa, Toyota Avanza pun meningkatkan keamanan pada bagian body-nya. Sistem GOA (Global Outstanding Assessment) menjanjikan pengendaraannya lebih aman dari efek benturan. Gaya yang timbul akibat benturan tersebut akan disebarkan ke seluruh body mobil untuk meminimalkan risiko cedera penumpangnya. Bagian samping mobil ini juga kokoh karena adanya fitur Side Impact Beam yang melindungi penumpang dan pengemudi saat tertabrak dari arah samping.

Agar pemilik kendaraan merasa tenang saat memarkirkan mobilnya di tempat umum, Toyota Avanza memberikan perlindungan berlapis untuk keamanannya. Fitur alarm mobil, Anti Theft Device, dan Engine Immobilizer dapat meminimalisasi kemungkinan terjadinya pencurian kendaraan.

Sistem dan Pendukung Toyota Avanza

Ada dua jenis mesin yang disediakan Toyota Avanza, yaitu tipe 1,3 liter dan 1,5 liter. Meskipun berbeda, mesin yang digunakan secara umum memiliki dasar yang sama, yaitu mesin DOHC empat silinder dengan 16 katup yang telah dilengkapi teknologi VVT-i. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 91 PS pada putaran mesin 6.000 rpm,  juga mampu menghasilkan torsi maksimal hingga 120 Nm pada 4.200 rpm.

Dengan kemampuan mesinnya, mobil ini sangat nyaman dikendalikan pengemudi pemula, tetapi juga tetap bisa diandalkan di tanjakan maupun saat kendaraan membawa muatan yang cukup berat. Selain itu, mesin MVP ini digerakkan dengan dua tipe transmisi, yakni manual dan otomatis dengan empat percepatan. Konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Adanya teknologi VVT-i dan sistem pembakaran Electronic Fuel Injection membuat mobil ini diklaim tetap irit meskipun tengah dipacu maksimal. Sebagai sebuah kendaraan MPV dengan tipe seven-seat, Toyota Avanza mampu menempuh jarak lebih panjang dengan konsumsi BBM yang irit, yaitu di jalan dalam kota sebesar 14,8 km/l dan di jalan tol sebesar 17,3 km/l. Sangat hemat, bukan? Pastinya, Anda tidak akan direpotkan karena hatus untuk sering berhenti di SPBU untuk mengisi bahan bahakr. Teknologi VVT-i yang digunakan dalam mesin 1,5 liter dengan konfigurasi DOHC 16-katup ini memang tidak memerlukan pengisian tangki bensin terlalu sering dan kapasitas tangkinya pun cukup memadai, yaitu sebesar 45 liter.

Mesin tipe 1,5 liter ini dapat melesat hingga 100 km/jam dalam hitungan waktu kurang dari 13,5 detik dari titik diam. Mesin penggerak roda belakangnya mampu memasok kekuatan prima untuk memompa kecepatan dengan sangat baik. Kecepatan tertinggi mobil ini tercatat pada 165 km/jam. Sedangkan performa untuk varian 1,3 liter juga tidak mengecewakan, mampu menyalip mulai dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 15 detik saja. Untuk segmen low MPV, angka ini memang sungguh mengagumkan.

Mobil yang selalu dinobatkan sebagai mobil terlaris ini sudah tentu memiliki standar sasis dan pengereman yang baik untuk menunjang kemampuan mesinnya yang prima. Bayangkan saja, jika kapasitas mesin bagus, bisa menempuh dari titik 0 km ke 100 km dalam waktu 15 detik, tetapi sistem remnya buruk, akan terjadi kecelakaan yang sangat luar biasa.

Rem belakangnya masih menggunakan drum atau biasa dikenal dengan sebutan rem tromol, tetapi rem depan sudah menggunakan rem cakram. Agar pengereman semakin optimal, Toyota melengkapi mobil Avanza dengan teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System) yang membuat pengereman semakin optimal saat harus mengerem mendadak.

Beralih ke sektor kaki-kaki, Toyota Avanza kali ini menyematkan suspensi depan Macpherson Strut with Coil Spring and Stabilizer dan suspensi belakang menggunakan Multi Link with Coil Spring and Lateral yang selalu bekerja efektif agar penumpang tetap nyaman melewati jalanan yang kurang bagus, bahkan berbatu. Mobil ini tidak bergoyang ketika diajak berkendara dengan kecepatan di atas 80 km/jam.

 

Pelek yang digunakan Toyota Avanza berbeda untuk setiap tipe. Tipe 1,5 liter menggunakan pelek alloy berukuran 14 atau 15 inci. Hanya varian 1,3 liter yang menggunakan pelek baja ukuran 14 inci.

Ban yang digunakan adalah Radial. Ukuran ban untuk rim sebesar 14 inci adalah 185/70 R14, sedangkan untuk rim 15 inci adalah alloy 185/65 R15. Ukurannya cukup kecil sehingga lebih baik Anda memakai pelek aftermarket yang memiliki desain lebih keren dan ukurannya lebih besar.

Berbagai Tipe Toyota Avanza

  1. Tipe E

Hadir dengan membawa transmisi manual juga matik, Avanza E 1,3 liter adalah seri dari Toyota Avanza yang terendah, juga termurah. Dibanderol pada kisaran harga sekitar 190 juta rupiah, terdapat beberapa fitur yang tidak disematkan seperti halnya pada Avanza tipe G 1,3 liter.

Selain tidak dilengkapi dengan lampu sein di bagian bawah spion, lis chrome pada lampu kabut juga tidak ada pada tipe ini. Spoiler bagian belakang juga tidak ada, sedangkan untuk perangkat audio, mobil ini tidak dilengkapi pemutar musik, baik berupa tape maupun CD untuk mobil keluaran lama. Sedangkan untuk pelek, Avanza tipe E hanya dibekali pelek standar berukuran 14 inci.

Namun demikian, mesin yang digunakan masih terbaik di kelas mobil low MPV, yaitu mesin 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i 1300 cc. VVT-i merupakan teknologi injeksi bahan bakar Toyota yang sudah digunakan sejak tahun 2007.

  1. Tipe G

Dibanderol di angka sekitar 200 jutaan, Toyota Avanza tipe G mempunya tiga jenis, yaitu tipe G 1,3 Manual, tipe G 1,3 Matik, dan tipe G 1,5 Manual. Semua yang ada di Avanza tipe E juga disematkan di tipe G. Namun, ada beberapa tambahan fitur yang menarik pada Avanza tipe G ini, yaitu lampu kabut sudah dilengkapi lis chrome, jenis lampu kabutnya berbeda, lampu sein pada spion, sensor parkir, jam digital pada meter kombinasi, juga perangkat pemutar audio unit 1 Din CD 4-sp berwarna hitam pada dasbor.

Kaki-kaki penyangganya sudah dibekali dengan pelek alloy 14 inci. Ditambah spoiler di bagian belakang, tampilan mobil ini menjadi lebih maskulin dan sporty. Khusus Toyota Avanza tipe G 1,5 liter, pelek yang digunakan berukuran 15 inci. Mesin Avanza tipe G sama dengan yang digunakan Avanza tipe E, yaitu 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i.

  1. Tipe S

Toyota Avanza tipe S sebenarnya sudah tidak diproduksi lagi sejak Toyota meluncurkan All New Avanza tahun 2011 lalu. Namun, di pasar mobil bekas, tipe ini masih bersaing dengan Toyota Avanza lainnya.

Sebagai perbandingan, Toyota Avanza 1,5 S merupakan seri Avanza yang paling lengkap pada masanya. Mesinnya berkapasitas 1,5 liter VVT-i, dilengkapi sensor parkir belakang, sistem rem ABS, serta pelek alloy 15 inci.

  1. Tipe Veloz

Toyota Avanza tipe Veloz merupakan seri Avanza kualitas premiun bila dibandingkan dengan lainnya. Harga untuk tipe ini berada di kisaran angka 220 juta rupiah. Harga ini cukup pantas karena kualitasnya pun lebih baik dan mewah dari tipe Avanza lainnya.

Eksteriornya lebih gagah, sporty, dan elegan karena spoiler bemper depan, lampu kabut, head lamp, dan gril yang didesain ekslusif dan berbeda. Pelek alloy 15 inci juga menambah kesan berkelas pada kendaraan ini. Interiornya berwarna hitam mewah menawan dengan kursi berbahan kulit halus yang berkualitas.

Tersedia dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis, semua bisa dipilih sesuai kebutuhan. Fitur keselamatannya juga lebih unggul karena sudah dilengkapi Dual Air Bag untuk pengemudi dan penumpang di samping pengemudi. Sistem pengereman ABS untuk Toyota Avanza Veloz keluaran 2015 ke atas semakin meyakinkan sistem keamanan kendaraan ini.

Dari sisi mesin, Avanza Veloz menawarkan 2 pilihan, yaitu mesin 1,3 liter dan 1,5 liter. Walaupun mesin yang digunakan masih sama dengan Avanza tipe sebelumnya, yaitu  DOHC 16 valve dengan dual VVT-I, mesin Avanza Veloz lebih “gahar” dan lebih irit berkat tambahan fitur EFI.

Kesimpulannya, Toyota Avanza merupakan kendaraan terbaik di segmen low MPV. Toyota Avanza mengandalkan tampilan yang maskulin dan sporty, tetapi terlihat elegan, juga berkelas. Sejalan dengan itu, segi interiornya juga mengedepankan kenyamanan tanpa mengurangi sisi kemewahannya.

Dengan volume kabin besar dan kapasitas penumpang tujuh orang, mobil ini menjadi pilihan favorit banyak keluarga di Indonesia. Kendaraan ini juga mampu mengakomodir mobilitas para pengusaha untuk kebutuhan distribusi.

Dari bagian jantung pacunya, Toyota Avanza mengandalkan mesin yang bisa dibilang cukup mumpuni sebagai mobil MPV. Istimewanya lagi, kolaborasi antara sistem VVT-i dan EFI semakin meningkatkan performa maksimal mobil ini karena diklaim sangat irit bahan bakar.

Mobil ini mudah dikendalikan oleh pengemudi pemula yang biasa disebut sebagai green driver dan sangat cocok digunakan di jalanan perkotaan. Namun, Toyota Avanza juga tangguh di medan yang sulit.

Istimewa, bukan, kendaraan yang satu ini? Tak sulit memutuskan untuk mengoleksi salah satunya menjadi pengisi garasi di rumah. Ayo, rasakan sensasi berkendara yang aman dan nyaman bersama Toyota Avanza!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *